Minggu, 23 Agustus 2009

Prioritas Program

PROGRAM PENDIDIKAN GRATIS YANG BERKUALITAS

Program ini meliputi pembebasan biaya pendidikan baik SPP, DSP, pungutan-pungutan lain serta pengadaan buku gratis dari tingkat SDN/MI hingga SMUN/MAN maupun sekolah swasta, selain itu program ini juga meliputi pemberian insentif untuk guru-guru bantu dan honorer. Untuk meningkatkan kualitas pendidikan maka fasilitas sekolah perlu di-upgrade selain itu kualitas guru perlu ditingkatkan.

PROGRAM KESEHATAN GRATIS YANG BERKUALITAS

Program ini meliputi pembebasan biaya berobat di Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah. Selain itu diperlukan juga peningkatan fasilitas Puskesmas dan RSUD serta kualitas pelayanannya. Sebagai alternatif bisa juga subsidi pelayanan kesehatan dialihkan dari subsidi “unit pelayanan” ke subsidi “masyarakat” secara langsung, hal tersebut dilaksanakan melalui pembuatan instrument Lembaga Jaminan Kesehatan seperti yang dilakukan oleh pemerintah daerah Jembrana, masyarakat bisa berobat jalan gratis ke semua dokter, bidan di klinik swasta dan pemerintah.

PROGRAM PEMBUATAN BALAI LATIHAN KERJA YANG BERBASIS LINK AND MATCH

Untuk mengurangi angka pengangguran, perlu dibuat Balai Latihan Kerja yang melatih angkatan kerja sehingga mereka memiliki “skill teknis” yang memadai untuk berkompetisi di dunia industri. Pembuatan BLK ini perlu dikomunikasikan dan dikoordinasikan terlebih dahulu dengan pihak industri sehingga kita mampu merekam data tenaga kerja yang dibutuhkan oleh pihak industri. Sebagai stimulus bagi industri, bisa juga diterapkan pemberian insentif bagi industri, misalnya dengan pengurangan dana CSR bagi industri yang mau menerima tenaga kerja dari BLK yang dibuat oleh Pemda, tapi hal tersebut perlu dibuat payung hukum Perda-nya. Angkatan kerja yang terlatih “memiliki skill teknis” bias pula disalurkan ke luar negri dengan sistim kerjasama yang dikontrol langsung oleh pemerintah dalam rangka mengimbangi angkatan pencari kerja yang tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia. Dengan kontrol dan pengawasan dari pemerintah niscaya pengangguran insyaallah akan teratasi dengan baik.

PROGRAM PERTANIAN TERPADU

Dari data penggunaan lahan ternyata lahan pertanian memiliki porsi penggunaan lahan yang paling luas di kota cilegon, sehingga dibutuhkan revitalisasi pertanian melalui pemetaan lahan pertanian, penyediaan tenaga ahli pertanian, tehnologi pertanian moderen, pemberian modal, bibit, pupuk, infrastruktur pendukung seperti penyediaan sumber air dan irigasi, serta tak kalah penting penyuluhan yang intensif, manajemen pasca panen serta akses pasar. Jika hal ini dilaksanakan maka angka pengangguran di desa-desa dapat dikurangi yang pada gilirannya akan menggerakkan sektor riil ekonomi di pedesaan.

PROGRAM SENTRA UKM

Sektor usaha kecil merupakan salah satu sektor ekonomi yang terbukti sangat banyak membantu bangsa kita di saat krisis. Padasaat ini dibutuhkan revitalisasi UKM melalui pembuatan sentra usaha kecil dengan tempat yang strategis bagi usaha kecil, penyediaan tenaga ahli, dilanjutkan penyediaan akses modal, pelatihan manajemen dan keuangan, , serta memberikan kebijakan insentif seperti pengurangan retribusi serta pungutan-pungutan liar. Kerjasama antara UKM dan Industri melalui kontrol pemerintah akan memberikan dampak saling menguntungkan kedua belah pihak, pemanfaatan limbah industri yang dikelola oleh sentra usaha kecil akan memberikan nilai ekonomi yang tinggi untuk keberlangsungan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Jika hal ini dilaksanakan maka angka pengangguran di desa-desa dapat dikurangi yang pada gilirannya akan menggerakkan sektor riil ekonomi di pedesaan.

0 komentar: