Minggu, 23 Agustus 2009

1. PEMENUHAN 3 HAK DASAR RAKYAT

Tiga Hak Dasar Rakyat (THDR) yang meliputi pertama, pendidikan yang ber-kualitas dan terjangkau bagi rakyat. Kedua, pelayanan kesehatan yang ber-kualitas dan terjangkau bagi rakyat. Ketiga, penyediaan lapangan pekerjaan bagi para pengangguran. Tiga Hak Dasar Rakyat (THDR) tersebut merupakan pra-syarat bagi terciptanya situasi yang kondusif bagi proses lompatan pembangunan kedepan.

2. TRANSFORMASI BIROKRASI (LEAN MODEL)

Untuk mewujudkan kota termaju di Nusanatara, birokrasi tradisional-konvensional yang lambat dan berliku akan diubah menjadi birokrasi korporat yang sederhana, berkinerja-cepat, efesien dan berpusat pada pelayanan yang bermutu tinggi (consumer satisfaction).

3. TRANSFORMASI NILAI (VALUE TRANSFORMATION)

Untuk mewujudkan kota Cilegon menjadi kota termaju, nilai-nilai feodal yang kaku dan menghambat modernisasi akan ditransformasi menjadi nilai-nilai yang mendorong sikap dan nilai transparansi, keterbukaan terhadap hal yang baru, kerja keras, tertib administrasi, adaptif, akuntabilitas, integritas, pluralisme, profesionalisme, dan customer satisfaction. Konstruksi nilai-nilai baru tersebut jika dijalankan secara konsisten akan mewujud menjadi budaya baru yang progressif.

4. MODERNISASI INFRASTRUKTUR

Untuk mewujudkan Cilegon menjadi kota termaju, diperlukan Tata Kota Modern yang Berwawasan Lingkungan, maka modernisasi infrastruktur utama dan pendukung yang berkualifikasi internasional seperti fasilitas jalan umum dan jalan industri, rumah sakit, lampu jalan, drainase, Area Kantor Terpadu, Area Pemukiman Terpadu, Area Bisnis Terpadu (Business Centre), sentra UKM (UKM Centre), pedestrian area, hutan kota, taman kota, alun-alun, gedung pemuda, gedung kesenian, dan area-area khusus yang di-desain secara matang dan futuristik.

5. INVESTASI SUMBER DAYA MANUSIA

10 s/d 20 tahun kedepan, Pelabuhan Bojonegara akan menjadi Pelabuhan Internasional dan Jembatan Selat Sunda kemungkinan akan rampung, sehingga Cilegon akan menjadi kota transit yang sangat ramai. Sehingga Cilegon membutuhkan SDM yang berkualitas yang mampu men-supply produk-produk barang dan jasa yang komperhensif. Saat ini kaum pribumi hanya gigit jari melihat megahnya industri kimia dan industri logam, oleh karenanya kita mesti melakukan investasi yang “besar-besaran” di bidang SDM untuk mempersiapan generasi masa depan kita agar mampu berkiprah dan bersaing di Dunia Internasional.

0 komentar: